Sabtu, 15 Maret 2014

Legenda seniman Betawi Benyamin S

Kumpulan Lagu-lagu terbaik Benyamin Sueb

Benyamin Sueb legenda seniman Betawi

Almarhum Benyamin Sueb adalah seorang legenda seniman Betawi yang tak pernah tergantikan sepanjang masa.Dedikasinya untuk kemajuan kesenian Betawi sangat toyal, sehingga menjadi aikon Betawi. Sekilas profil biografi Legenda seniman Betawi Benyamin Sueb :
Benyamin Sueb atau yang lebih dikenal dengan nama Benyamin S,atau lebih akrab disapa dengan panggilan Bnag Ben, lahir di Kemayoran, Jakarta, 5 Maret 1939 dan meninggal di Jakarta, 5 September 1995 pada umur 56 tahun adalah pemeran, pelawak, sutradara dan penyanyi Indonesia.
Benyamin menghasilkan lebih dari 75 album musik dan 53 judul film.
Celetukan "muke lu jauh" atau "kingkong lu lawan" pasti mengingatkan masyarakat pada Benyamin Sueb.
Sejak kecil, Benyamin Sueb sudah merasakan getirnya kehidupan. Bungsu dari delapan (8&341; bersaudara pasangan Suaeb-Aisyah yang sudah kehilangan bapaknya sejak umur dua tahun.
Karena kondisi ekonomi keluarga yang tak menentu, si kocak Ben sejak umur tiga tahun diijinkan ngamen keliling kampung dan hasilnya buat biaya sekolah kakak-kakaknya. Benyamin sering mengamen ke tetangga menyanyikan lagu Sunda Ujang-Ujang Nur sambil bergoyang badan. Orang yang melihat aksinya menjadi tertawa lalu memberikannya recehan 5 sen dan sepotong kue sebagai imbalan.

Dalam dunia musik, Bang Ben begitu ia kerap disapa adalah seorang seniman yang berjasa dalam mengembangkan seni tradisional Betawi, khususnya kesenian Gambang Kromong. Lewat kesenian itu pula nama Benyamin semakin popular.
Tahun 1960, presiden pertama Indonesia, Soekarno, melarang diputarnya lagu-lagu asing di Indonesia. Pelarangan tersebut ternyata tidak menghambat karier musik Benyamin, malahan kebalikannya. Dengan kecerdikannya, Bang Ben menyuguhkan musik Gambang Kromong yang dipadu dengan unsur modern.

Koleksi lagu-lagu Betawi karya Benyamin Sueb

Walaupun kini Bang Ben sang legenda seniman Betawi itu telah tiada,namun karya-karya beliau tak kan pernah mati.Beliau akan selalu dikeneng dan dirindu oleh semua orang khususnya masyarakat Betawi.
Selamat jalan Bang Ben, do'a seluruh rakyat Indonesia menyertai kepergianmua.

1 komentar so far

Saye orang Melayu Malaysia begitu meminati budaya Betawi.
Syabas.

Terima kasih untuk kritik,saran dan koreksi serta kunjungannya. Komentar sesuai dengan artikel, mohon tidak meninggalkan link aktif.
EmoticonEmoticon