Radio ITB86 Dari Komunitas untuk Dunia

Streaming ITB86 Radio Komunitas untuk Dunia

Profil Radio Komunitas ITB86

Radio ITB86 yang disiarkan secara streaming ini adalah radio yang dibangun oleh teman-teman se-alumni mereka sendiri. Mereka dipersatukan sebagai alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1986. Oleh karena itu, radio yang mereka bangun bernama Radio ITB86. Radio yang dapat didengar melalui komputer dan ponsel yang terhubung internet tersebut secara resmi mulai siaran pada 6 Juni 2016.

Rasa kebersamaan yang terbangun sebagai alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1986 membentuk sebuah komunitas yang dapat mempersatukan mereka walau jarak memisahkan melalui media Radio online ITB86. Radio tersebut telah mengisi hari-hari mereka bersama pendengar lainnya menjadi sarana hiburan dan menjalin komunikasi.

Sekilas histori Radio online ITB86

Bermula dari keinginan untuk selalu menjalin komunikasi di antara alumni, terbentuklah Radio ITB86 sebagai sarana hiburan sekaligus menjalin silaturahmi. Radio ITB86 memutar lagu-lagu pilihan dan memberi informasi yang menarik bagi kita semua.

Bermula dari rencana acara Reuni Akbar ke-30 angkatan 1986 ITB yang akan diselenggarakan pada 8 Oktober 2016, mereka membentuk grup WhatsApp dan melakukan serangkaian kegiatan sebelum acara puncak. Kegiatan-kegiatan itu di antaranya buka puasa bersama dan berolahraga bersama, seperti turnamen golf, gowes atau bersepeda bareng, dan trekking. Grup alumni ini juga sempat menerbitkan buku yang berjudul Work Your Passion, Warna-Warni Profesi yang Menginspirasi. Buku yang berisi kisah-kisah para alumni menjalani profesinya yang dicetak sekitar tiga ribu eksemplar ini langsung ludes diserap para alumni dan dibagikan ke sekolah-kolah asal para alumni.

Kebersamaan mereka terus berlanjut di grup chattingWA ini dan dari sanalah tercetus ide membangun radio streaming yang semakin menguatkan persaudaraan mereka. Radio yang mengudara setiap hari selama 24 jam dalam 7 hari penuh ini memang masih dikelola secara sukarela oleh beberapa alumni dengan dukungan penuh mereka, dalam hal pembiayaan ataupun dukungan moral. Grup WA yang beranggotakan tidak kurang dari 500 orang yang tersebar menjadi dua grup besar adalah pendengar setia Radio ITB86.

Meskipun masih bersifat sukarela, ada beberapa acara terjadwal yang dapat disimak di radio yang bisa didengar melalui aplikasi tunein dan Simple Radio by Streema ini, di antaranya Daily Show yang hampir setiap pagi (pkl 07-09 WIB) dan malam (20-24.00 WIB)dibawakan oleh DJ DD, DJ Shanti, DJ Fifie, DJ Lucky, DJ Nelson, dan DJ Teddy.

Selain itu, ada juga program Jalan-Jalan Asyik bersama DJ Nila, Satu Jam bersama DJ Hape. Sesekali ada DJ Bani yang menyampaikan cerita, pengalaman atau kisah-kisahnya. Para DJ atau penyiar ini adalah teman-teman alumni mereka sendiri yang di sela-sela kesibukan menjalani profesi mereka masing-masing menyempatkan siaran, baik secara live maupun rekaman.

Mereka dapat melakukan siaran dari mana saja, bisa di rumah masing-masing maupun di kafe atau resto berbekal laptop yang terhubung internet dan headset. Dalam sebuah kesempatan DJ Shanti bahkan pernah siaran di mobil dalam perjalanan pulang di tengah kemacetan Jakarta. Di acara Obrolan Kita, para DJ melakukan siaran bersama dari tempat mereka masing-masing menggunakan group call yang ada di aplikasi Line. Para penyiar ini ada yang tinggal di Bandung, Yogya, bahkan Singapura, selain di Jakarta. Semua ini bisa terjadi berkat kemajuan teknologi internet.

Serunya lagi acara-acara live di Radio ITB86 ini betul-betul interaktif karena penyiar dan pendengar terutama yang tergabung dalam grup-grup WA dapat berinteraksi langsung. Mereka bisa request lagu atau berkomentar langsung saat penyiar mengatakan sesuatu yang kocak atau layak untuk dikomentari dan langsung direspons oleh sang penyiar. Pendengar juga bisa ikut berpartisipasi aktif dengan mengirimkan rekaman suara tentang laporan kejadian atau aktivitas mereka yang akan disiarkan di radio.

Lagu-lagu yang diputar di Radio ITB86 mayoritas memang dari era mereka saat masih menjalani kuliah atau sekolah, yakni era 80 hingga 90an. Akan tetapi, lagu-lagu baru yang sedang hits pun mondar-mandir untuk melayani pendengar muda atau alumni yang memang kekinian. Ada banyak tips dan info menarik yang diselipkan di sela-sela lagu ataupun di setiap program yang mereka bawakan.

Meskipun radio ini berangkat dari kegiatan komunitas alumni, tetapi punya keinginan untuk didengar seluruh dunia seperti slogannya: dari Komunitas untuk Dunia. Tentu saja hal itu memungkinkan karena sifat radio streaming yang bisa didengar dari mana saja, Selamat mendengarkan.
Sumber : https://www.kompasiana.com/didik_djunaedi/578de46a90fdfdb408398634/radio-itb86-dari-komunitas-untuk-dunia, ditulis oleh : Didik Djunaedi

Kontak Radio ITB86

Facebook : https://web.facebook.com/RadioITB86/
Twitter : @RadioITB86
Email : radioitb86new@gmail.com
Website : http://radioitb86.weebly.com

Untuk mendengarkan streamingRadio ITB86 Komunitas untuk Dunia langsung dari browser Smartphone serta perangkat lainnya, tab (tablet), komputer (PC), laptop tidak perlu aplikasi khusus, namun lebih mudah menggunakan Chrome Browser, Mi Browser, Firefox Browser atau Mint Browser, ringan, cepat dan aman dari smartphone anda.

Streaming Radio Online ITB86
Radio Komunitas untuk Dunia

Radio ITB86 Komunitas untuk Dunia


PLAY RADIO ONLINE ITB86 STREAMING

Radio ITB86 Dari Komunitas untuk Dunia ini autoplay, jika tidak ada suara silahkan direfresh halaman dan tunggu beberapa saat atau klik link PLAY RADIO ONLINE ITB86 STREAMING, kalau tidak bisa berarti radio sudah offline, dengarkan radio streaming lainnya berikut ini.

Berlangganan update radio streaming terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Radio ITB86 Dari Komunitas untuk Dunia"

Posting Komentar

Terima kasih kunjungannya silahkan beri masukan, saran dan koreksi serta mohon tetap menjaga kebersamaan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel