Radio Giri Swara 94 fm Wonogiri

LPPL Giri Swara Radio Pemerintah Kabupaten Wonogiri

Profil Radio Giri Swara fm Wonogiri

Radio Giri Swara (RGS) mengudara di frekuensi gelombang FM 94 MHz. Satu-satunya radio milik Pemkab Wonogiri. Sebelumnya radio ini populer dengan nama Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Radio Swara Perdana Wonogiri, dan mengudara melalui gelombang frekuensi AM. Kemudian pada tahun 2012 RGS yang dipancarsiarkan dari studio di Jalan Letjen S Parman Nomor: 74 Kelurahan Wonokarto, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri, mengubah gelombang siarannya melalui frekuensi FM. Ini setelah radio tersebut dikelola oleh Lembaga Penyiaran Puplik Lokal (LPPL).

Radio Giri Swara ( RGS ) Wonogiri adalah sarana publikasi pemerintah kabupaten wonogiri dibawah kendali Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonogiri. Dasar surat Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 555.63/2977 tertanggal 3 Mei 2017. Dalam rangka peningkatan dan pengoptimalan layanan publik selalu diadakan kegiatan dalam rangka pemeliharaan rutin atau berkala. Ketentuan itu harus dipenuhi sebagai radio milik pemerintah. Ketentuan itu harus dipenuhi sebagai radio milik pemerintah.

Sejarah LPPL Radio Giri Swara Wonogiri

Pada tahun 2012 radio milik Pemerintah kabupaten (Pemkab) Wonogiri, Radio Swara Perdana berubah nama menjadi Radio Giri Swara. Selain nama baru, radio pemkab akan lebih independen. Hal itu sesuai amanat peraturan daerah (perda) mengenai Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL). Perubahan tersebut untuk menguatkan peran radio pemkab dalam mendukung penyiaran informasi. Nama "Giri Swara" merujuk pada nama giri yang melekat pada Wonogiri. Sempat ada perdebatan soal nama pada waktu itu, tapi akhirnya disetujui dan dipilih nama itu.

Disamping melakukan siaran melalui programa yang telah dibakukan di studio, sebagai satu-satunya radio milik pemerintah yang eksis di Kabupaten Wonogiri, RGS juga aktif melakukan kegiatan out broadcast. Yakni siaran langsung liputan pandangan mata langsung dari lokasi tempat kejadian.

Pada tahun 2018 terjadi peristiwa ambruknya tower antene pemancar, menjadikan RGS mendadak off dari udara. Siaran radio yang biasa dipancarkan dari gelombang FM pada freuensi 94 MHz ini, mendadak hilang, itu terjadi pada tahun 2018, karena tower antenenya ambruk dan patah. Menyikapi ini, segera dilakukan percepatan perbaikan, untuk tujuan agar dapat siaran lagi.

Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Giri Swara Wonogiri dengan menggunakan frekuensi radio belakangan kini mulai banyak digemari masyarakat. Pasalnya, radio itu tidak hanya menyajikan berita informasi publik tapi juga mengibur lewat kearifan budaya lokal yang sangat digemari masyarakat yakni campur sari.

Dengan penambahan unsur konten budaya lokal, hal itu merupakan langkah yang sangat baik untuk menjaga kearifan budaya daerah. Melihat potensi pengembangan budaya yang sangat menarik, maka diharapkan potensi kesenian tradisional (etnik) dapat dipublikasikan. Sehingga semua merasa memilik, menjaga dan melestarikan budaya lokal.

LPPL Giri Swara akan lebih independen sebab dalam kelembagaan radio pemerintah ini dikelola oleh lembaga terpisah yang perannya mirip perusahaan daerah (Perusda). Karena sebelumnya Radio Swara Perdana ditangani unit pelaksana teknis (UPT) yang berada di bawah Dinas Perhubungan Komunikasi & Informatika (Dishubkominfo). Namun kelembagan Radio Giri Swara meliputi dewan pengawas dan dewan direksi.

Keberadaan dewan direksi dan pengawas akan membuat pengelolaan Radio Giri Swara lebih inovatif. Diharapkan dewan direksi mampu melakukan terobosan dalam hal penyiaran tanpa meninggalkan peran sosialnya, salah satunya harus mengatur 30% materi siaran untuk keperluan publik alias nonkomersial. Ketentuan itu harus dipenuhi sebagai radio milik pemerintah.

Kontak Radio Giri Swara (RGS) fm Wonogiri Alamat : Jl. Letjen S Parman, Nomor: 74, Kelurahan Wonokarto, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.
Telepon : (0273) 321344
SMS (Online) : 081393584000 | 081398584000
Facebook : https://web.facebook.com/giriswara94FM/
Website : http://www.rspdwonogiri.com

Untuk mendengarkan Radio Giri Swara 94 fm Wonogiri langsung dari browser Smartphone serta perangkat lainnya, tab (tablet), komputer (PC), laptop tidak perlu aplikasi khusus, namun lebih mudah menggunakan Chrome Browser, Firefox Browser atau Mint Browser, ringan, cepat dan aman dari smartphone anda.

LPPL Radio Giri Swara 94 fm
Radio Pemerintah Kabupaten Wonogiri

Radio Giri Swara 94 fm Wonogiri

RADIO GIRI SWARA WONOGIRI

Radio Giri Swara fm Wonogiri ini autoplay, jika tidak ada suara silahkan direfresh halaman dan tunggu beberapa saat atau klik link RADIO GIRI SWARA WONOGIRI, kalau tidak bisa berarti radio sudah offline, dengarkan radio streaming lainnya berikut ini.

Berlangganan update radio streaming terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Radio Giri Swara 94 fm Wonogiri"

Posting Komentar

Terima kasih kunjungannya silahkan beri masukan, saran dan koreksi serta mohon tetap menjaga kebersamaan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel