BBM fm Balai Budaya Minomartani Yogyakarta

Balai Budaya Minomartani fm Yogyakarta radio komunitas gamelan Indonesia

Radio komunitas penggemar seni budaya Jawa menjaga dan melestarikan aset budaya nasional Indonesia, program siaran gending jawa dan pagelaran wayang kulit.

Profil BBM fm Balai Budaya Minomartani Yogyakarta

BBM FM stasiun radio komunitas gamelan di balai desa Balai Budaya Minomartani di Yogyakarta Indonesia. Menjaga kearifan budaya lokal. Melestarikan budaya Jawa setempat, musik gamelan, pertunjukan wayang dan pertunjukan akustik asli. kebijaksanaan Jawa

BBM fm (Balai Budaya Minomartani) adalah media siaran seni budaya di Yogyakarta, Indonesia. Disiarkan dalam format Easy Listening. Radio komunitas gamelan di Balai Budaya Minomartani Yogyakarta Indonesia. Melestarikan budaya lokal seni karawitan, wayang kancil dan kesenian tradisional Jawa lainnya.

Balai Budaya Minomartani, merupakan tempat bertemu untuk mempertemukan antar warga dalam satu komunitas yang masih peduli dengan budaya bangsa. Ruang warga yang terbuka dan bersahaja ini menjadi wadah komunitas yang melestarikan serta mengembangkan Budaya Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Lokasi radio BBM fm Balai Budaya Minomartani ini berada di dusun Tegalrejo RT32/RW12 Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta 55581. Indonesia.

Terima kasih telah mendengarkan siaran streaming radio komunitas BBM FM ini. Agar lebih memahami tentang profil dan sejarah singkat berdirinya radio BBM FM Balai Budaya Minomartani Yogyakarta, berikut ini sebuah catatan yang ditulis okeh Fr. Yoseph I. Iswarahadi SJ yang aslinya berbahasa Inggris, namun agar lebih mudah memahami admin translate menggunakan google apa adanya.

RADIO KOMUNITAS BALAI BUDAYA MINOMARTANI YOGYAKARTA INDONESIA

Oleh: Fr. Yoseph I. Iswarahadi SJ

Saya senang mengetahui bahwa gerakan radio komunitas berkembang di kawasan Asia, seperti Bangladesh, India, Filipina, dan Indonesia. Seperti kita ketahui, Signis Asia dan AR-WACC mendukung gerakan ini. Izinkan saya untuk berbagi pengalaman kami mengatur radio komunitas di Yogyakarta, Indonesia.

Puskat Audio Visual Studio bersama orang-orang di sekitar Balai Budaya Minomartani (Balai Desa Minomartani) memulai radio komunitas pada 1995. Radio ini sudah populer di kalangan penduduk desa (radius 4 km) pada 1995-1998. Tetapi kemudian pemerintah daerah menghentikan operasi pada tahun 1998 karena kami tidak memiliki lisensi.

Kami berani mengudara lagi sejak 1999-2000 karena orang-orang membutuhkan radio ini. Namun kemudian pemerintah daerah melarang radio. Sejak saat itu gerakan komunitas radio memulai jaringan di seluruh negeri. Kami berjuang untuk memperbarui hukum penyiaran kami.

Akhirnya, pada November 2002 pemerintah Indonesia menandatangani undang-undang penyiaran baru, memberikan hak kepada orang-orang untuk membangun radio komunitas. Sebelum penandatanganan undang-undang baru ini, sejak Juli 2002 radio komunitas kami telah mengudara didukung oleh orang-orang dan jejaring komunitas radio. Yogyakarta terdekat sekarang sudah ada 52 radio komunitas.

Radio komunitas kami - Radio Balai Budaya Minomartani - sekarang menjadi lebih populer. Radio ini mengudara setiap hari mulai jam 6:00 - 12:00 malam. (FM 107,9 Mhz). Anak-anak, remaja dan dewasa terlibat dalam radio ini. Pak Surowo, staf di Puskat Audio Visual Studio, sangat aktif di radio ini. Kami memiliki sukarelawan sebagai penyiar (anak-anak, remaja, dewasa). Kami memiliki beberapa program reguler: program budaya, program pendidikan, dan dialog interaktif melalui telepon. Orang-orang di sekitar stasiun mendukung kebutuhan kita seperti berbagi makanan ketika kita bertemu dengan audiens atau memungkinkan kita untuk menggunakan peralatan mereka ketika peralatan kita rusak.

Awal Januari 2003, dua anggota Parlemen Indonesia mengunjungi radio kami dan mendiskusikan beberapa masalah penting dengan orang-orang dan 26 anggota jaringan radio komunitas. Diskusi ini disiarkan langsung, sehingga penduduk desa dalam radius 4 km mendengarkan dialog ini. Pertemuan ini juga direkam, sehingga radio komunitas lain menyiarkannya di daerah masing-masing.

Pada hari Rabu, 29 Januari 2003 (8:00 siang - 11:00 malam) Raja kita, Sultan Hamengku Buwono X (Raja Yogyakarta, gubernur Provinsi Yogyakarta) mengunjungi radio ini dan membahas masalah penting tentang masa depan radio komunitas di Indonesia, terutama di Provinsi Yogyakarta. Aku sedang rapat, duduk berdampingan dengan Raja. Ada sekitar 200 orang (dengan berbagai latar belakang agama) berkumpul dan berdialog dengan Sultan. Diskusi ini juga disiarkan langsung, sehingga pemirsa lain dapat berpartisipasi melalui saluran telepon. Sultan mendorong masyarakat untuk mengelola radio ini dan memotivasi jaringan radio komunitas untuk berkomunikasi dengan Departemen Telekomunikasi dan pemerintah daerah untuk mendapatkan saling pengertian. Sultan mendukung radio komunitas ini. Ia berharap radio komunitas mempromosikan kehidupan yang damai di antara agama-agama, kebebasan berekspresi, budaya lokal, dan partisipasi masyarakat.

Selama dialog, pertunjukan orkestra tradisional (gamelan) disajikan oleh sekelompok wanita. Sultan sangat senang bahwa orang masih peduli untuk menumbuhkan budaya lokal mereka. Saya harap, Anda belajar tentang kabar baik ini, datang dari desa Minomartani, Yogyakarta, Indonesia.

Untuk mendengarkan streaming BBM fm Balai Budaya Minomartani Yogyakarta langsung dari browser Smartphone serta perangkat lainnya, tab (tablet), komputer (PC), laptop tidak perlu aplikasi khusus, namun lebih mudah menggunakan Chrome Browser, Mi Browser, Firefox Browser atau Mint Browser, ringan, cepat dan aman dari smartphone anda.

BBM FM Balai Budaya Minomartani Yogyakarta
Radio komunitas gamelan Indonesia

BBM FM Balai Budaya Minomartani Yogyakarta

SILAHKAN KLIK PLAY MEDIA PLAYER

PLAY RADIO BBM FM YOGYAKARTA

Jika BBM fm Balai Budaya Minomartani Yogyakarta ini tidak autoplay, silahkan klik play media player atau klik link PLAY RADIO BBM FM YOGYAKARTA, kalau tidak bisa berarti radio sudah offline, dengarkan radio streaming lainnya berikut ini.

Berlangganan update radio streaming terbaru via email:

3 Komentar untuk "BBM fm Balai Budaya Minomartani Yogyakarta"

  1. Mantep tenan radio BBM FM Iki josss pertahankan terus

    BalasHapus
  2. Akhirnya bisa dengarkan radio bbm Dari jauh👍👍

    BalasHapus
  3. terima kasih. jaya Indonesia

    BalasHapus

Terima kasih kunjungannya silahkan beri masukan, saran dan koreksi serta mohon tetap menjaga kebersamaan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel