Radio Master fm 95.9 Ternate

Master fm, Radio Keluarga Ternate

Tentang Radio Master fm Ternate

Master FM 95.9 Radio Keluarga Ternate (PT. Radio Madya Suara Ternate) merupakan Radio siaran swasta terbaik di Maluku Utara, menyajikan hiburan lagu-lagu terbaik dan menjadi satu-satunya stasiun radio swasta di Maluku Utara yang siaran 24 jam non-stop setiap hari.

Master FM Ternate mengudara pertama kai pada 1 September 1997 dan berada di bawah manajemen PT. Radio Madya Suara Ternate sejak tanggal 21 Januari 1998 berdasarkan Akta Notaris di Ternate. Pendirian Master FM dimaksudkan untuk memberikan media hiburan dan informasi alternatif bagi masyarakat Maluku Utara, terutama di Kota Ternate dan sekitarnya

Tujuan berdirinya Master FM adalah untuk menjadi menjadi media hiburan dan informasi alternatif bagi semua kalangan masyarakat, serta memberikan ruang kepada generasi muda untuk berkreasi secara luas dan mendidik, dengan visi untuk membangun Provinsi Maluku Utara dan mengembangkan kreatifitas generasi muda di bidang seni alternatif.

Master FM Radio Keluarga Ternate adalah pelopor siaran musik etnik di Maluku Utara. Mengudara sejak 13 Agustus 1987 dengan membidik segmen semua kalangan tingkat ekonomi, pendidikan dan profesi. Dengan manajemen baru kini Master FM hadir lebih enerjik dan berani memberi lebih dari yang lain. Master FM bisa menjadi mitra terpercaya dalam promosi usaha Anda, dengan tarif yang relatif lebih murah. Bergabunglah dengan Master FM sebagai mitra terpercaya.

Program Siaran Hiburan (Format musik)
Dalam penyelenggaraan siaran Radio Master FM menerapkan format baku Hiburan dan Informasi, dengan presentase hiburan mencapai 65 persen. Hiburan yang dimaksud meliputi hiburan musik, lagu-lagu Indonesia dan mancanegara. Musik dalam negeri terbagi dalam beberapa jenis musik, yakni pop Indonesia, dangdut, religi dan musik tradisional, dengan persentase terbesar pada musik pop Indonesia mencapai 40 persen. Sedangkan musik pop mancanegara 25 persen, musik tradisional 20 persen, dangdut 10 persen dan musik religi 5 persen.

Master FM tidak memfokuskan pada program berita, namun tetap lebih mengembangkan informasi ringan, seperti cuplikan informasi singkat dari media cetak lokal dan tips-tips yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga diharapkan dapat menjadi inspirasi serta memberikan manfaat secara langsung bagi pendengarnya.

Segmen Pendengar Radio Master FM
Pendengar Radio Master FM dari sisi usia lebih difokuskan pada usia produktif antara 20 sampai 40 tahun dengan persentasi mencapai 70 persen, dengan fokus utama pada kelompok usia 20 sampai 40 tahun sebesar 55 persen. Pemilihan segmen ini lebih didasarkan pada motto Master FM sebagai Radionya Orang Ternate, dengan target utama para profesional muda dan wirausahawan muda dari semua tingkat ekonomi.

Program acara siaran radio Master FM

Sebagai media hiburan dan informasi, porsi hiburan dan musik di Master FM paling besar mencapai 35 persen. Hiburan yang dimaksud meliputi kuis, permainan dan acara interaktif yang dikemas dalam bentuk hiburan ringan dan segar. Sementara aspek penerangan umum dan informasi menempati porsi terbesar kedua sebanyak 25 persen. Sedangkan untuk bidang pendidikan dan pelestarian budaya mendapat porsi 15 persen. Untuk mendukung program ini Master FM bekerjasama dengan sejumlah sekolah menengah dalam Kota Ternate untuk melaksanakan program-program sekolah secara on-air atau yang berhubungan dengan pendidikan, baik formal maupun informal.

Dan sebagai radio yang memiliki hubungan kemitraan dengan sejumlah media radio lainnya secara global, Master FM juga menyiarkan siaran berita dengan porsi 5 persen. Disamping itu untuk siaran keagamaan diberi ruang hanya 3 persen, yang terdiri dari musik religi dan siaran sindikasi dengan radio lain untuk siaran keagamaan secara eksidentil.

Sumber Materi Siaran informasi dan tips diperoleh dari koran lokal atau media cetak nasional yang terbit secara berkala. Pada kondisi-kondisi tertentu Master FM juga memproduksi berita untuk kepentingan publikasi luas yang sifatnya temporer, misalnya adanya iven yang sangat menarik minat masyarakat pendengar, Master FM melakukan peliputan dan siaran live.

Materi untuk lagu-lagu dan siaran musik lainnya bersumber dari relasi dan mitra kerja, mereka diantaranya perusahaan-perusahaan rekaman nasional yang secara rutin mengirimkan sampel lagu/album promo artis.

Selain itu materi siaran musik dan informasi juga bersumber dari kemitraan dengan lembaga penyiaran asing, dalam hal ini Master FM bekerjasama dengan Radio Nederland Wereldomroep (RNW) Belanda dan Voice of America (Voa). Namun kerjasama tersebut tidak terikat, dimana Master FM bebas memilih program yang akan disiarkan, waktu dan sistim penyiaran yang diinginkan.

Histori Radio Master FM Ternate

Sebelumnya Master FM pernah memiliki jaringan kerjasama penyiaran, antara lain dengan Radio Elshinta FM Jakarta (siaran Elshinta News and Talk) dan Metro TV Jakarta (siaran khusus Headline News). Kerjasama tersebut telah berakhir seiring dengan perkembangan zaman dan pertumbuhan pendengar yang menuntut Master FM untuk memproduksi siaran sendiri secara lokal.

Positioning Statement Master FM adalah Radionya Orang Ternate. Motto ini menargetkan sebanyak-banyaknya pendengar mau untuk tetap setia dengan radio ini. Target akhir yang diinginkan adalah menjadi media hiburan dan informasi bagi semua kalangan pendengar yang ada di Kota Ternate.

Sebagai ciri khas berkaitan dengan motto tersebut di atas, Master FM memperbesar porsi siaran lokal, besarnya ruang bagi musik daerah dan pengembangan kreatifitas anak muda lokal, pengembangan siaran musik dan program radio etnik, membuat Master FM berbeda dengan radio lainnya.

Sistim dan gaya penyiaran, termasuk sapaan ”pendengar” makin membuat Master FM yakin bisa menjadi daya tarik utama. Dalam penyelenggaraan siaran Master FM lebih memilih style tempo dulu yang dikolaborasi dengan gaya anak muda. Dan berdasarkan survey tidak resmi yang pernah dilakukan secara internal, sistim inilah yang menjadi nilai jual utama Master FM di khalayak ramai, khususnya di Kota Ternate.

Wilayah Layanan Siaran (Coverage Area)

Jangkauan siaran Radio Master FM meliputi:
Kota Ternate: Kecamatan Kota Ternate Utara dan Kota Ternate Selatan, dengan bentang mencapai 8 km ke utara dan 8 km ke selatan). Kecamatan Kota Ternate Tengah bentang ke timur sekitar 3 km (selebihnya laut) dan ke barat sekitar 5 km dimana wilayahnya terdiri dari dataran tinggi, pegunungan dan perbukitan.

Kota Tidore Kepulauan: Kecamatan Tidore Utara, sebagian Kecamatan Tidore Tengah dan Kecamatan Oba Utara (di Pulau Halmahera)

Kabupaten Halmahera Barat : wilayah pesisir barat Pantai Halmahera, Kecamatan Jailolo Selatan, Kecamatan Jailolo, Kecamatan Sahu dan Kecamatan Sahu Timur

Profil Media Radio Master FM
Radio Master FM didirikan September 1997 sebagai salah satu radio siaran swasta niaga di Kota Ternate, di bawah manajemen PT Radio Madya Suara Ternate. Berbadan hukum dengan Akta Notaris Gerson Tjoanapessy nomor 4 tahun 1998, dan telah melalui evaluasi oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk penerbitan izin siaran radio pada 27 Mei 2009.

Sejak tahun 2004 di bawah manajemen baru Master FM telah komitmen untuk menjalankan fungsi radio dengan baik, fungsi sebagai media informasi, media hiburan dan media pendidikan, dengan mengutamakan profesionalisme dan keseimbangan di segala bidang.
Sumber | Referensi artikel : https://sites.google.com/site/masterfmternate/

Kontak radio Master FM
PT. Radio Madya Suara Ternate
Alamat : Jalan Kayu Manis No. 39, Lingkungan Tabahawa, Kelurahan Salahuddin, Ternate Tengah, Kota Ternate 97722
Telepon : 0921-3312705
WhatsApp : +62811195295
Email : master959fmternate@gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/master959fmternate
Website URL : www.masterfmternate.com

Untuk mendengarkan Radio Master FM 95.9 Ternate langsung dari browser Smartphone serta perangkat lainnya, tab (tablet), komputer (PC), laptop tidak perlu aplikasi khusus, namun lebih mudah menggunakan Chrome Browser, Mi Browser, Firefox Browser atau Mint Browser, ringan, cepat dan aman dari smartphone anda.

Radio Master FM Ternate
Seratus Persen Lagu Keren

Radio Master FM 95.9 Ternate

PLAY RADIO MASTER FM TERNATE

Radio Master FM 95.9 Ternate ini autoplay, jika tidak ada suara silahkan direfresh halaman dan tunggu beberapa saat atau klik link PLAY RADIO MASTER FM TERNATE , kalau tidak bisa berarti radio sudah offline, dengarkan radio streaming lainnya berikut ini.

Berlangganan update radio streaming terbaru via email:

1 Komentar untuk "Radio Master fm 95.9 Ternate"

Terima kasih kunjungannya silahkan beri masukan, saran dan koreksi serta mohon tetap menjaga kebersamaan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel