Radio Gamasi 105.9 fm Makassar

Gamasi fm, Gaya Makassar Ada di Sini

Profil Radio Gamasi fm Makassar

Gamasi 105.9 fm adalah stasiun radio swasta lokal di kota Makassar. Gamasi mengudara sejak 28 Juni 1980, yang menyajikan konten berkearifan budaya lokal yaitu lagu-lagu daerah bugis, makassar, dangdut dan melayu. Format siaran radio secara umum sebagai media informasi, edukasi, talkshow serta hiburan, dengan tagline : GAya MAkassar Ada DiSIni.

Radio Gamasi 105.9 fm Makassar, dengan nama perusahaan PT Radio Gamasi Jaya masih tetap eksis sampai sekarang di tengah persaingan media penyiaran radio baru yang bermunculan. Karena Gamasi fm dikelola dengan profesional, tetap konsisten pada jalur yang telah dipilih, serta segudang pengalaman dari pengelola dan pemiliknya.

Radio Gamasi konsisten dengan format etnik Bugis Makassar sejak didirikan tahun 1980, sehingga Radio Gamasi berhasil meraih prestasi sebagai radio dengan pendengar terbanyak se-kota Makassar selama 10 tahun berturut-turut sejak tahun 1999. Positioning Radio Gamasi sebagai radio Bugis-Makassar, bukan berarti hanya suku Bugis-Makassar saja yang menjadi target pendengarnya, akan tetapi seluruh lapisan masyarakat sekota Makassar dan sekitarnya.

Lembaga Survei PT Nielsen Indonesia (The Nielsen Company) belum lama ini melakukan survei untuk media elektronik tahun 2019, khususnya Radio di Sulsel. Hasilnya, Radio Gamasi yang berada di jalur frekuensi 105,9 FM Makassar, sukses masih menjadi Radio nomor satu jumlah pendengar terbanyak di Sulawesi Selatan, khusus usia 10 tahun ke atas dan 30 tahun ke atas, kategori ekonomi di level A, B dan C.

Belum lama ini, Radio Gamasi FM juga menyabet 2 penghargaan sekaligus dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulsel, masing-masing kategori Talkshow terbaik untuk program Acara Baruga dan Iklan Layanan Masyarakat Terbaik berjudul Lontarak.

Dari kenyataan tersebut yang perlu disukuri karena hal ini membuktikan bahwa eksistensi Radio Gamasi sebagai salah satu radio swasta berkearifan lokal masih dipercaya dan disukai masyarakat di Sulawesi Selatan. Dengan demikian diharapkan di daerah lain di Indonesia masyarakatnya masih menyukai budaya daerah (etnik lokal).

Sejarah Radio Gamasi Makassar

Radio Gamasi 105.9 fm Makassar ini didirikan oleh Bpk. Abdul Hamid yang akrab disapa Masno. Dia adalah penyiar senior, kelahiran Makassar 31 Agustus 1948, jebolan penyiar Radio Gandaria tahun 60an. Pengalaman beliau dalam bidang broadcasting tidak diragukan lagi, sehingga menjadi modal utama dalam mendirikan Radio Gamasi Makassar.

Cikal bakal berdirinya Radio Gamasi 10.59 fm berawal dari impian Masno yang ingin mempopulerkan budaya Bugis dan Makassar lewat radio. Sehingga muncullah ide di benak Masno untuk mendirikan radio yang kontennya khusus lagu lagu Makassar. Awal tahun 1980 akhirnya Masno mundur sebagai penyiar radio Gandaria, dan Juni 1980 dia dirikan stasiun Radio namanya Gamasi.

Nama GAMASI diambil dari nama sebuah pohon, saat itu salah satu stasiun radio di Makassar memanfaatkan pohon gamasi sebagai tiang pemancar. Pohon gamasi jaman dulu banyak di Makassar, pohon ini konon sangat kuat untuk jadi tiang penyangga jaringan radio. Dari nama pohon itulah Masno memberikan nama RADIO GAMASI, artinya peneduh, dan juga bisa memberikan informasi.

Radio Gamasi awalnya berdiri di rumah kos-kosan yang ada di Jl. Gunung Nona, kota Makassar, namun seiring berjalannya waktu maka akhirnya berpindah tempat di Kompleks Marinda Jl Veteran Selatan. Rumah yang kini dijadikan kantor Gamasi dulunya dikontrak Masno, tapi sekarang sudah hak milik. Pemilik rumah menjual kepada Masno untuk dijadikan studio dengan harapan agar lagu-lagu Bugis dan Maskassar bisa terus mengudara lewat Radio Gamasi.

Kehadiran Gamasi di Sulsel pastinya menjadi kebanggaan tersendiri bagi penggemar setianya. Karena saat ini, industri radio sebagian besar ikut dengan perubahan zaman. Namun Gamasi tidak, tetap konsisten dengan cita-cita pada awal berdiri. Radio Gamasi tetap komitmen dengan konten lagu-lagu daerah, tak hanya itu para penyiar juga menyampaikan pesan dengan bahas Makassar.

Gamasi saat ini trend dengan singkatan dari Gaya Makassar Ada DiSIni. Ada tiga segmen yang disiapkan Gamasi, Pukul 14.00 wita sampai 16.00 wita khusus lagu makassar, pukul 09.00 Sampai 11.00 wita Bugis dan 11.00 wita hingga 14.00 wita melayu.

Radio Gamasi FM Makassar Live Streaming. Radio Gamasi konsisten dengan format etnik Bugis Makassar. Radio Nomor 1 Di Makassar.
Program Acara :
Tambara, Damai, Pacarita, Laugi, Tenda, Kelong Melayau.
Penyiar Gamasi FM Makassar :
Ummi Erbita Deng Jinne, Rani Gamajaya, Daeng Tompo, Mila Karmila, Erna Wasty, Amar Mannaungi, Novi Deng Rannu, Zita Suharman, Citra Ariesta , Asiz Nojeng , Syarif Dg Nai.

Kontak Radio Gamasi
Alamat : Jl. Veteran Selatan No. 71 Kompleks Marindah Blok B12 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telepon : (044) 874786
Facebook : www.facebook.com/Radio-Gamasi-FM-188128657868693/
Twitter : https://twitter.com/radiogamasi
Website : http://radiogamasi.com

Untuk mendengarkan Radio Gamasi 105.9 fm Makassar langsung dari browser Smartphone serta perangkat lainnya, tab (tablet), komputer (PC), laptop tidak perlu aplikasi khusus, namun lebih mudah menggunakan Chrome Browser, Mi Browser, Firefox Browser atau Mint Browser, ringan, cepat dan aman dari smartphone anda.

Radio Gamasi 105.9 fm Makassar
Gaya Makassar Ada di Sini

Radio Gamasi 105.9 fm Makassar

PLAY RADIO GAMASI FM MAKASSAR

Radio Gamasi 105.9 fm Makassar ini autoplay, jika tidak ada suara silahkan direfresh halaman dan tunggu beberapa saat atau klik link PLAY RADIO GAMASI FM MAKASSAR, kalau tidak bisa berarti radio sudah offline, dengarkan radio streaming lainnya berikut ini.

Berlangganan update radio streaming terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Radio Gamasi 105.9 fm Makassar"

Posting Komentar

Terima kasih kunjungannya silahkan beri masukan, saran dan koreksi serta mohon tetap menjaga kebersamaan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel